5 Cara Aman dan Nyaman Menggunakan Baby Walkers

Pemakaian baby walkers bisa menjadi sebuah dilema bagi orang tua. Di satu sisi alat ini memang bisa membantu si kecil untuk bergerak dan berjalan. Namun di sisi lain penggunaan alat ini bisa berbahaya. Jika tak digunakan dengan tepat, baby walkers justru bisa membuat anak mengalami cedera dan menjangkau tempat-tempat yang berbahaya.

Pemakaian Baby Walkers

Jika orang tua ingin menggunakan alat ini, maka penting sekali untuk memperhatikan aturan pemakaiannya. Selama digunakan dengan tepat maka dampak negatif dari pemakaian alat ini bisa diminimalkan. Berikut adalah 5 tips dan cara aman menggunakan alat bantu jalan untuk bayi ini:

1.                 Pastikan Produk Sudah Tersertifikasi

Pertama, Anda harus memastikan bahwa produk yang dipakai sudah tersertifikasi. Cek dulu brand yang sudah mengeluarkan produk tersebut. Jika sudah tersertifikasi, artinya produk ini sudah melewati uji keamanan dan dinyatakan aman untuk dipakai. Jangan memilih produk abal-abal yang belum memiliki sertifikasi dan belum dipastikan aman.

2.                 Selalu Dampingi Bayi

Pastikan Anda selalu mendampingi bayi saat menggunakan baby walkers. Pendampingan orang tua sangatlah penting untuk menjaga keamanan bayi. Banyak kasus dimana bayi harus mengalami kecelakaan saat bermain menggunakan alat ini. Bisa saja bayi terjatuh, terguling, bahkan masuk ke kolam jika di sekitarnya ada kolam.

3.                 Pastikan Anak Sudah Bisa Duduk Tegak

Sebelum menggunakan alat ini, pastikan dulu anak Anda sudah bisa duduk dengan tegak. Jangan memaksakan penggunaan alat ini pada anak yang belum mampu duduk tegak. Jauh lebih baik lagi jika si kecil menggunakan alat ini ketika ia sudah mulai bisa latihan berdiri sehingga akan terasa jauh lebih aman dan nyaman. Jika tubuh bayi sudah cukup kuat, lebih mudah juga baginya untuk mengambil kendali.

4.                 Batasi Pemakaian

Sebaiknya jangan membiarkan bayi terlalu lama duduk di alat ini. Batasi pemakaian sehingga bayi tidak akan tergantung pada alat tersebut dan tetap bisa mengeksplorasi kemampuan kakinya. Sebaiknya jangan menggunakan alat ini lebih dari 15 menit dan biarkan si kecil lepas secara bebas belajar berjalan tanpa bantuan apapun.

5.                 Singkirkan Distraksi

Sangat disarankan untuk menyingkirkan semua jenis distraksi di sekitar si kecil. Saat bayi memakai alat ini, pastikan bahwa lingkungan di sekitarnya aman dan cukup luas. Singkirkan berbagai jenis gangguan seperti meja, kursi, dan benda-benda lain. Ini akan membantu bayi lebih leluasa bergerak dan meminimalkan risiko cedera karena ada banyak gangguan di sekitarnya.

 

Baby walkers menjadi pilihan alat yang bisa Anda gunakan untuk merangsang kemampuan si kecil dalam berjalan. Namun pastikan untuk tetap mengawasi anak Anda saat memakai alat ini. Selain bisa digunakan untuk latihan berjalan, alat ini juga bisa difungsikan sebagai hiburan bayi karena biasanya dilengkapi dengan mainan yang lengkap.